PEMBELAJARAN METODIK KHUSUS: Akankah “LAHIRKAN POLA PIKIR KHUSUS BAGI INSAN BHAYANGKARA (GADIK POLRI) “?.

Seiring dengan perkembangan Dunia Global, selanjutnya akan berdampak pada berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dimana pendidikan sebagai muaranya. Seiiring dengan dinamisnya perubahan itu maka dunia pendidikanpun berkembang semakin dinamis setiap lembaga dan hampir disegala aspek kehidupan melakukan pembenahan/perbaikan kearah yang lebih baik melalui peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan latihan. Begitu juga halnya dengan Polri, dengan upaya Reformasi Birokrasi dan lain sebagainya, Polri selalu dituntut untuk lebih dan lebih Profesional  dalam pelaksanaan tugasnya. Dengan acuan bahwa anggota Polri yang dihasilkan oleh lembaga Pendidikan, Pembentukan dan pengembangannya akan mampu menghasilkan lulusan yang baik tentu karena dididik oleh tenaga pendidik (Gadik) yang Profesional, sehingga yang menjadi prioritas pertama adalah bagaimana peningkatan Kompetensi Gadik dilakukan melalui pendidikan .

Pendidikan pengembangan tenaga pendidik (Gadik) melalui pendidikan pengembangan/Kejuruan Gadik dan Akta mengajar merupakan salah satu program pendidikan khusus yang lebih khusus lagi dalam upaya peningkatan kwalitas/Kompetensi Gadik menuju kearah yang lebih baik. Melalui pendidikan Akta mengajar Polri telah melakukan kerjasama dengan Unipersitas Pendidikan Indonesia dengan tujuan bahwa Gadik Polri memiliki kemampuan mengajar/mendidik yang memiliki kompetensi setara dengan pengajar baik Guru maupun Dosen yang sesuai tuntutan Sitem pendidikan Nasional.

Seperti yang kita ketahui bahwa menjadi seorang Gadik/pendidik bukanlah sebuah hal yang dicita-citakan oleh setiap Personil Polri, seperti halnya secara umum bahwa tidak banyak anak yang karena minatnya untuk bercita-cita menjadi seorang Guru. Namun apabila kita melihat akan pentingnya sebuah perubahan kearah Polri yang lebih baik, harus diawali dengan pembentukan personil Polri yang didukung oleh profesionalisme seorang Gadik, sebagai tenaga –tenaga pencetak insan Bhayangkara yang dituntut profesional dalam melaksanakan tugas dilapangan. Jika menyadari hal ini maka sesuai dengan penyebutan bahwa Gadik/Guru merupakan profesi dimana profesi harus didasari dengan sebuah panggilan jiwa, keiklasan dengan kesadaran yang tinggi, maka kita tidak akan ragu untuk menyadari bahwa menjadi seorang Gadik merupakan tugas mulia yang tidak berbeda dengan tugas menjadi Polisi di Fungsi kepolisian yang lainnya.

Karena Pendidikan pembentukan personil Polri merupakan pendidikan yang mengkhusus tentang ilmu kepolisian dalam ranah tugas dan tanggung jawab kepolisian selaku Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat dalam rangka Harkamtibmas dan penegakan Hukum maka Kurikulumnya mengkhusus mengenai hal itu yang tentunya didukung dengan piranti khusus termasuk kemampuan profesional  yang dimiliki oleh Gadik itu sendiri.

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang adanya Metodik Khusus dalam dunia pendidikan/pengajaran terutama dikalangan Polri, Padahal metodik khusus ini merupakan suatu cara untuk memberikan wawasan konsep, prinsip, prosedur dan aplikasi tentang alternatif pendekatan dan cara-cara spesifik dalam melatih (memberikan materi pelajaran) yang berbasis pada karakteristik tujuan, karakteristik materi latihan, maupun pada karakteristik peserta latihan. Hal ini tentunya sangat bermanpaat  bagi seorang Gadik karena dengan penguasaan metodik khusus ini seorang Gadik akan memiliki pengetahuan, sikaf positif dan terampil menerapkan metodik pendidikan dan latihan dalam menciptakan proses pendidikan atau pelatihan  yang sistematis, sistemik dan efektif. Untuk mengembangkan dan mencapai kompetensi   tersebut seorang Gadik Polri harus melalui proses pendidikan/pelatihan dengan system brainstorming, diskusi, ekspositorik, inkuiri dan simulasi dengan menerapkan prinsip eksporatif, apresiatif, aplikatif partisipatif, produktif dan evaluative.

Dengan metodik khusus ini tentu akan memberikan warna yang berbeda pada pendidikan Polri yang tidak lagi terkesan kaku dan monoton, namun pengembangan dan pencapaian kompetensi ini sangat tergantung pada pribadi personil Polri itu sendiri karena menjadi seorang Gadik pada hakikatnya merupakan propesi panggilan jiwa yang dipengaruhi oleh bagaimana seorang Gadik mau dan mampu berinovasi menggali potensi dan seni dalam mengambangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi guna kemajuan dan peningkatan kwalitas hasil bentukan dan pelatihan di lembaga pendidikan kepolisian. Sehingga seorang Gadik dituntuk untuk selalu berinovasi dalam meningkatkan kwalitas dan mutu dirinya secara pribadi yang akan ditularkan pada peserta didik.

Paparan ini setidaknya memberikan gambaran bahwa salah satu cara kita selaku insan Bhayangkara (anggota Polri) dalam bidang tugas sebagai Tenaga pendidik / Gadik memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat memepercepat Reformasi Polri kearah Propesinalisme menuju Polri yang profesional. Kemampuan dalam hal penguasaan Metodik khusus ini tentunya tidak hanya dapat dimiliki oleh anggota Polri yang bertugas sebagai Gadik namun hendaknya dimiliki oleh setiap anggota Polri dengan spesifikasi pada fungsinya masing masing sesuai tugas fungsi yang diembannya, dalam arti setiap anggota Polri profesional  di bidang tugasnya masing-masing baik itu di fungsi, Resksrim, Intelijen, Lalulintas, Samapta dan lain sebagainya, terlebih sebagai seorang pimpinan harus memiliki kemampuan / metodik khusus ini karena apabila kita berbicara masalah pendidikan / dunia pendidikan dalam arti luar bahwa pendidikan tidak hanya ada pada sekolah ataupun lembaga pendidikan Kepolisian namun dalan setiap aspek kehidupan memerlukan dan menuntuk kita untuk dapat dan mampu menguasai bagai mana mendidik baik itu dilingkungan kerja pada rekan ataupun anggota kita, pada anak kita dilingkungan kluarga dan lain sebagainya.

Metodik khusus ini sangat erat kaitannya dengan seni seorang gadik dalam mengajar karena selama ini kitapun dalam hal mengajar selalu melihat gaya atau seni seorang Dosen/Gadik yang mengajar yang kita anggap baik yang selanjutnya kita tiru atau kita praktekkan gambaran ini  sejalan dengan bagaimana kita secara umum memandang tokoh – tokoh ilmuan dunia dalam  pendidikan seperti : Bloom, Anderson,Liron W, Krathwohl, Mahatma Gandi Dalail Lama dan lainnya termasuk Kihajar Dewantara di Indonesia padahal dalam pendidikan terlebih dalam pengembangan Metodik khusus ini kita selaku Gadik dituntuk untuk berinopasi bagaimana diiri kita bisa berkembang seperti tokoh tokoh tersebut. Keyakinan kita yakin bahwa peningkatan kwalitas lulusan atau peserta didik sangat tergantung pada Gadik atau pendidiknya seperti apa yang menjadi motto tokoh India Mahatma Gandi bahwa” semua orang mempunyai peluang untuk menjadi orang yang pintar namun karena tidak semua orang mendapatkan pendidikan dari Guru yang Berkwalitas” hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran Guru/ Gadik dalam menghasilkan kwalitas hasil didik.

Lalu akankah kita menjadi anggota Polri yang memiliki pola pikir bahkan kemampuan khusus?. Hal ini akan dapat terjawab oleh kita sendiri tergantung bagai mana kita menyingkapi hal ini sebagai anggota Polri, setiap orang akan mampu menjadi apa yang dia cita-citakan apabila dia berususaha keras dengan prinsip kedisiplinan karena setiap pendidikan akan menghasilkan out put, sekarang tergantung kita mau menjadi hasil yang seperti apa! Setidaknya dengan berbekal kemampuan dibidang metodik khusus seorang Gadik akan dapat mendidik secara profesional , optimal, epektif dan efisien menuju kearah Profesional isme.

Kita tidak akan bisa berubah tanpa adanya kemauan dan usaha untuk merubah diri kita sendiri, jangan mengira kita tidak bisa mendukung perubahan SDM Polri kearah yang lebih baik, karena perubahan itu harus diawali dari perubahan masing-masing pribadi anggota Polri itu sendiri, sekecil apapun perubahan Positif yang kita lakukan memiliki andil besar menuju perubahan itu.

 

Gede Bage, 23 Maret 2011

I PUTU ARTAYASA, SH ( MAHASISWA AKTA 4, NO.008 )

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s