Seminar

Di Tulis Oleh : Sandi Andriansyah

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah Universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih”.

Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.

Perlu dicatat bahwa di beberapa universitas Eropa, sebuah seminar dapat berarti kelas kuliah yang besar, khususnya ketika dibawakan oleh ahli yang termasyhur (tanpa memperhatikan jumlah hadirin atau jangkauan mahasiswa yang berpartisipasi dalam diskusi).

Benarkah Hasil Seminar Bermanfaat ?

Saya banyak membaca keluhan berkaitan dengan seminar motivasi. Entah keluhan benar atau hanya terbawa opini orang lain. Keluhan tersebut adalah: manfaat seminar motivasi hanya sesaat atau tidak bertahan lama. Betulkah? Salah siapa?

Akibatnya, banyak orang yang cukup skeptis dengan seminar motivasi. Mereka menganggap bahwa seminar motivasi hanya memberikan manfaat sesaat. Akhirnya mereka malas ikut seminar. Lalu adakah seminar motivasi yang bisa memberikan manfaat yang permanen?

Sebenarnya saya setuju, bahwa motivasi dari seminar itu hanya sesaat. Serius, bahkan seminar yang saya bawakan sendiri. Bahkan saya tidak percaya jika ada seorang motivator yang mengatakan bahwa seminarnya memberikan efek yang permanen. Fungsi seminar bukan menyulap seseorang, tetapi memberikan informasi yang tepat tentang sesuatu. Selanjutnya tergantung pada orang yang menerima informasi tersebut.

Kenapa? Keimanan seseorang bisa naik dan turun (futur). Jika keimanan bisa naik atau turun, apalagi motivasi. Jadi menurut saya, jika motivasi seseorang naik turun, itu adalah hal yang wajar. Sebenarnya, banyak orang yang kecewa dengan seminar motivasi, karena harapan mereka yang berlebihan. Mereka berharap termotivasi terus secara permanen dan ternyata mereka tidak mendapatkannya.

Jika motivasi dari sebuah seminar itu hanya sesaat, apakah tetap bermanfaat?

Saya jawab: sangat bermanfaat. Saya mengikuti seminar motivasi bukan untuk mendapatkan motivasi selamanya. Namun untuk belajar bagaimana cara memotivasi diri. Sebab motivasi yang kuat adalah motivasi yang datang dari diri sendiri. Orang lain (motivator) mengajarkan bagaimana cara membangkitkan motivasi diri yang benar. Selanjutnya bagaimana kita mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, tetaplah ikuti seminar motivasi dan aplikasikan apa yang Anda pelajari dari seminar tersebut. Saya pun terus belajar. Saya terus membeli video, ebook, buku, dan mengikuti pelatihan/seminar yang saya perlukan. Saya merasakan manfaatnya. Manfaat yang besar. Dengan catatan: saya mengaplikasikannya secara konsisten. Manfaat permanen hanya Anda dapatkan jika Anda mengaplikasikan apa yang Anda dapat dari seminar motivasi secara konsisten.

 

Jenis Jenis Seminar

  Spiritual Gathering, yang merupakan tausiyah pencerahan dan motivasi yang dikemas dalam bentuk semi seminar. Tema: Financial Healing, jawaban bagi 1001 masalah dan keinginan. Mencakup pembahasan tentang: – cara gampang bayar hutang – cara gampang cari kerja – cara gampang cari jodoh dan punya keturunan – cara gampang meningkatkan pendapatan dan penghasilan – cara gampang menyelesaikan masalah dan menggapai keinginan. Pelaksanaan: sebagai bentuk dakwah live dengan melibatkan masyarakat secara masal. Peserta diwajibkan memakai pakaian rapi, membawa keluarga (anak diatas 15 tahun dan pasangan hidup). Acaranya berlangsung selama dua jam. Targetnya Captive Market, yang bentuknya bisa saja perusahaan, pemda, perbankan, kampus, kelompok pengajian, dan sebagainya. SG ini menjadi alat efektif bagi perwakilan daerah sebagai media sosialisasi, media introducing, media masuk ke captive market yang menjadi target market potensial, media rekruitmen membership, media promo seminar event, dan media penjualan produk.

  Spiritual Healing : Menata Hati Menata Kehidupan, berdurasi satu hari. Ada dua hal utama yang merusak kehidupan manusian. Satu, melupakan Allah. Dua, tidak melibatkanNya dalam kehidupan yang dijalani. Dengan seminar ini WH mengajak peserta untuk menata hati menata kehidupan dan juga bertutur tentang hal-hal yang menyebabkan manusia menjadi bermasalah dan sulit menggapai keinginan.

  Segitiga Wisatahati: Mengubah Pola Pikir, Mengubah Pola Ikhtiar, durasi dua hari (tanpa bermalam). Seminar ini hadir sebagai Solusi Kehidupan baik bagi persoalan individu, persoalan keluarga, persoalan perusahaan, dan persoalan lembaga pemerintahan. Segitiga WH ini menjadi model khasnya WH dalam setiap agenda konsultasi bisnis terhadap kliennya atau relasi WH dalam proses mencapai tujuan dan keinginan.

  Rahasia Angka 11: Cara Cepat Merengkuh Dunia dan Mengubur Permasalahan, durasinya dua hari satu malam (bermalam). Seminar ini diangkat berdasarkan pengalaman Yusuf Mansur ketika mempunyai masalah yang kemudian melahirkan WH, juga berdasarkan penyelenggaraan Klinik Spiritual dan Konseling WH. Rahasia Angka 11 ini mengupas fenomena Kekuatan Tahajjud dan Sedekah. Rahasia angka 11 ini mampu membuat yang miskin menjadi kaya, yang sakit menjadi sembuh, yang pengangguran menjadi bekerja, yang gelap menjadi terang, dan sebagainya.

 



This entry was posted in Seminar. Bookmark the permalink.

One Response to Seminar

  1. mediapls2009 says:

    Apa kelebihan dan kekurangan seminar tersebut??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s